<< Griya Sehat Lawang, Ruko Diponegoro C11, Jl. Diponegoro, Lawang - Malang, HP: 0821 3187 8781 >> << Open: Sunday - Friday; Health Store, Health Cafe, Hydrotherapy, Detoxification, Swedish Massage >>

Friday, July 7, 2017

Flaxseed dan Khasiatnya

Apakah Flaxseed itu??

Flaxseed adalah bahan makanan sejenis sereal yang diperoleh dari biji bunga Flax (Linum Usitatissinum). Biji flaxseed berwarna coklat/golden dan besarnya sedikit lebih besar dari biji wijen. Tanaman ini tumbuh di Amerika dan Kanada.

National Cancer Institute di Amerika menyatakan bahwa Flaxseed bukan sekedar makanan belaka, melainkan sejenis makanan yang berkhasiat seperti obat.

Flaxseed sebenarnya sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu. Hippocrates seorang ahli kesehatan, yang sangat terkenal dalam sejarah Yunani, menggunakan flaxseed; bahkan Mahatma Gandhi mengatakan bahwa jika flaxseed dikonsumsi secara teratur dalam masyarakat, maka kesehatan masyarakat pun akan lebih baik

Kandungan Nutrisi Pada Flaxseed

Flaxseed sangatlah kaya dengan berbagai nutrisi penting. Dalam setiap 2 sendok makan flaxseed mengandung: protein (6%), zat besi (4%), zinc (4%), copper (8%), calcium (4%), potassium (4%), magnesium (14%), Phosphorus (8%), Selenium (6%), folate (4%), Vit B1 (16%), vit B6 (4%), serat larut (16%). Bahkan Flaxseed dikenal sebagai tanaman pangan yang nemiliki kandungan lemak esensial omega 3 yang tertinggi dari semua tanaman pangan yang kita kenal.

Berbagai khasiat Flaxseed.

Adapun khasiat Flaxseed diantaranya adalah untuk penyembuhan beberapa gangguan fisik, tanpa menimbulkan efek samping, mengendalikan kadar gula darah, untuk kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, membantu melancarkan pembuangan kotoran dari tubuh, membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kesehatan ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus, membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker, menurunkan resiko terkena wasir, memproteksi usus besar terkena kanker, menurunkan berat badan.

Keunggulan Flaxseed dari Ikan Salmon/Tuna.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam flaxseed sangat luar biasa, bahkan jauh lebih tinggi dari yang dikandung oleh ikan salmon, ikan tuna, ikan sardin / mackerel. Di dalam takaran 2 sendok makan (15 gr); kadar omega-3 dalam flaxseed sebesar 3.160 mg sedangkan 15 gr ikan salmon hanya memberikan 210 mg omega 3. Menurut ilmu kesehatan, diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan 1.000-3.000 mg asupan omega-3 per hari, dengan demikian, 2 sendok makan flaxseed sudah mencukupi kebutuhan omega-3 untuk sehari.

Cara Penyajian flaxseed.

  • Campurkan flaxseed pada jus atau smoothie setiap pagi
  • Taburkan pada susu kedelai, susu almond atau susu alternatif yang lain, taburkan di oatmeal, atau makanan pagi yang lainnya.
  • Flaxseed giling bisa digunakan sebagai pengganti telur untuk membuat kue, rendam dalam sedikit air, ia akan mengental seperti telur.
  • Selain itu, flaxseed mentah yang belum dicampur makanan lain juga bisa dikonsumsi.


Hal-hal tambahan:
  1. Flaxseed ada yang warnanya golden, yang kandungan nutrisinya hampir sama, harganya sedikit lebih mahal.
  2. Perbedaan flaxseed dengan chia seed; kandungan protein antara chia seed dan flaxseed hampir sama, namun, chiaseed lebih tinggi kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang, chia seed lebih tinggi selenium, sedangkan flaxseed lebih tinggi sedikit magnesium, potasium dan copper, flaxseed juga lebih tinggi vitamin B1-nya, lebih tinggi folat juga. Dalam hal omega 3 Flaxseed lebih tinggi sedikit dibandingkan chiaseed. Flaxseed dan chiaseed boleh konsumsi kedua-duanya, hanya saja chiaseed memiliki harga yang jauh lebih mahal.
  3. SECARA UMUM SARAN PENGGUNAAN FLAXSEED ADALAH SEKITAR DUA SENDOK MAKAN, BILA BERLEBIHAN, CENDERUNG MENYEBABKAN DARAH TERLALU ENCER, bisa dilihat jika tubuh kita ada tanda-tanda biru seperti terkena ketok padahal tidak, maka sebaiknya konsumsi flaxseed sementara dihentikan dulu. Darah yang terlalu encer juga berbahaya karena bisa menyebabkan mini stroke karena darahnya merembes keluar dari pembuluh darah di otak.
  4. Lemak esensial: LA dan ALA. Linoleic acid atau LA membentuk semua jenis lemak omega-6. Alpha-linolenic acid atau ALA membentuk semua omega-3. Agar ALA bisa diubah menjadi omega 3, prosesnya sangat rumit dan memerlukan nutrisi pendukung lainnya, salah satunya adalah enzym delta-6 desaturase. Supaya berfungsi baik enzym ini memerlukan: vitamin B3, B6 dan C, mineral, dan zinc. Jika seseorang kurang nutrisi tadi, maka ALA tidak bisa diubah menjadi omega 3 yang lebih berguna yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).
  5. Apakah flaxseed yang digunakan dalam adonan roti tidak rusak ketika dipanggang rotinya? Dalam penelitian, jika dipanggang bersama adonan dalam suhu normal, hanya merusak sedikit sekali omega 3 nya.
Flaxseed is provided in Griya Sehat, Call Centre : 0821-3187-8781

No comments:

Post a Comment